3 Tips Tetap Nyaman Menggunakan Masker Saat Cuaca Panas

Mengenakan masker di tengah wabah Covid-19 yang melanda saat ini sudah menjadi kewajiban dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Penggunaan masker ini dimaksudkan agar untuk mencegah tubuh Anda dari penularan virus yang bisa menular saat Anda berada di tempat umum. Maka, kini setiap hari Anda harus menggunakan masker kain yang bisa Anda beli di berbagai tempat yang jual masker kain.

Anda juga harus selalu memakai masker tersebut ketika Anda pergi kemana saja dan dalam cuaca apapun. Namun biasanya ketika cuaca panas Anda akan merasa lebih gerah dan pengap saat harus menutup sebagian wajah Anda dengan masker ini.

Menggunakan Masker Saat Cuaca Panas

Agar Anda bisa tetap merasa nyaman untuk memakai masker meskipun kondisi cuaca sedang panas, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

1. Memilih bahan masker yang memudahkan Anda bernapas

Saat memilih masker kain di tempat yang jual masker kain, Anda bukan hanya harus memperhatikan kegunaannya untuk menangkal virus atau hanya melihat desain atau motifnya yang menarik saja. Namun penting juga bagi Anda untuk memilih bahan masker yang bisa membuat Anda tetap mudah bernapas.

Jika Anda memilih masker yang terlalu ketat atau terlalu tebal, hal tersebut bisa menyulitkan Anda untuk bernapas terutama ketika kondisi cuaca sedang panas. Pastikan bahan filter pada masker yang Anda pilih adalah filter yang bisa mengalirkan udara dengan tepat. Umumnya masker yang terbuat dari bahan katun dianggap bisa membuat Anda lebih nyaman bernapas dibanding dengan masker yang terbuat dari kain sintetis.

Anda juga bisa memilih kain katun yang berwarna terang karena bisa lebih menyerap sinar matahari sehingga tidak terlalu membuat Anda merasa panas. Namun tetap pastikan bahwa masker tersebut tetap memenuhi standar masker untuk mencegah penularan virus.

2. Memilih masker tali

Cara lainnya agar Anda bisa lebih merasa nyaman adalah dengan memilih masker yang menggunakan ikatan tali. Masker yang didesain dengan tali yang diikat membuat Anda bisa menyesuaikan sendiri kelonggaran masker tersebut pada wajah Anda, dibanding dengan masker dengan simpul elastis yang dikaitkan yang tidak bisa Anda atur kelonggarannya. Dengan masker tali, Anda bisa menyesuaikan jika udara sedang lebih panas dibanding biasanya.

3. Hindari tempat yang panas

Mengenakan masker sepanjang hari di cuaca yang panas terik memang membuat Anda merasa kurang nyaman untuk bernapas karena udara panas akan menumpuk dalam tubuh, terlebih bagi Anda yang memiliki kondisi pernapasan tertentu. Maka sebaiknya Anda menghindari berada di tempat dengan terik matahari atau yang memiliki cuaca panas terlalu lama. Pastikan juga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup.

Itulah cara tetap nyaman menggunakan masker saat udara panas atau cuaca terik. Intinya, Anda tetap harus patuh menggunakan masker yang bisa Anda beli di berbagai tempat yang jual masker kain.

Lifestyle
Tags: