Sering Nyeri? Berikut Daftar Obat Pereda Nyeri yang Harus Anda Ketahui

Nyeri sering terjadi pada setiap orang tanpa bisa diprediksi kapan tepatnya nyeri akan terasa pada badan. Nyeri merupakan perasaan tidak nyaman yang umumnya disebabkan oleh rangsangan yang merusak atau kuat. Selain itu, rasa nyeri juga bisa disebabkan pasca operasi. Kondisi nyeri dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari dan dapat menimbulkan lebam atau rasa terbakar jika dibiarkan. Jika memeriksakan ke dokter, Anda akan diresepkan untuk membeli ketorolac injeksi sebagai salah satu obat anti nyeri.

Daftar Obat Pereda Nyeri

Mengobati nyeri memang tidak mudah, sebab rasa nyeri acap kali datang setiap saat terutama pada lansia dan usai operasi. Untuk mengobati rasa nyeri tersebut pastikan untuk memilih obat-obat nyeri yang sesuai dengan gejala yang Anda alami. Berikut daftar obat nyeri yang bisa Anda pakai ketika rasa nyeri menyerang: 

1. Ibuprofen

Obat yang satu ini bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter. Sangat ampuh untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada gigi, saat haid dan juga peradangan sendi. Ibuprofen aman digunakan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Di sisi lain, ibuprofen dapat digunakan untuk obat penurun panas. Obat jenis ini memiliki berbagai bentuk yaitu tablet, suntikan, kapsul dan juga sirup.

2. Paracetamol

Anda mungkin tidak asing dengan obat yang satu ini. Obat ini mudah ditemukan di apotek. Selain itu juga terkenal untuk menurunkan demam dan bisa berfungsi sebagai pereda nyeri haid dan sakit gigi.

Bentuk paracetamol beraneka ragam mulai dari kaplet hingga infus. Obat yang satu ini juga memiliki efek samping yang jarang terjadi tetapi bisa saja muncul jika dosis tidak tepat seperti mual, kuning pada kulit dan mata.

3. Ketorolac

Obat ini merupakan jenis obat anti inflamasi yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan yang sering terjadi setelah operasi. Sayangnya, informasi obat ini hanya untuk kalangan medis sehingga Anda tidak bisa dengan mudah mendapatkan jenis obat ini karena harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Ketorolac injeksi ini merupakan obat keras yang khusus untuk nyeri sedang hingga berat dengan durasi penggunaan maksimal 5 hari. Bentuknya berupa ampul dengan kemasan yang umum adalah @1 mL.

4. Krim Capsaicin

Salah satu obat oles untuk nyeri yang ampuh adalah capsaicin krim yang mengandung capsaicin. Capsaicin sendiri merupakan zat aktif yang terdapat pada cabai yang memberikan rasa panas dan pedas. Selain pada cabai, senyawa capsaicin juga bisa ditemukan di paprika.

Krim ini memberikan sensasi rasa panas yang tahan lama dan tidak lengket untuk mengurangi nyeri sendi, encok, keseleo dan cedera. Sebagai obat luar, penggunaan obat ini cukup dioleskan pada bagian nyeri setelah sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu.

5. Feminax Express

Nah, salah satu obat terbaik untuk mengatasi nyeri haid dan kram perut adalah feminax express. Cara kerjanya dipercaya dua kali lebih cepat dibandingkan dengan obat ibuprofen. Anda harus sedia obat ini di rumah untuk menghilangkan nyeri haid dengan segera.

Selain lima obat di atas, Anda dapat berkonsultasi langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi lebih terpercaya dan sesuai dengan keluhan Anda. Sebagai inovasi di bidang kesehatan, Halodoc memberikan kemudahan kepada Anda untuk mengatasi masalah kesehatan. Anda bisa membeli obat ketorolac injeksi dengan mudah atau berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter secara online melalui aplikasi Halodoc.

Kesehatan
Tags: